Home » » Santri Hidayatullah Kegiatan Sikat Gigi

Santri Hidayatullah Kegiatan Sikat Gigi

Written By Unknown on 10 Des 2013 | 18.32

para pembaca yang budiman, sebelumnya kami sampaikan mungkin salah satu hal yang paling sering kita lalaikan adalah membersihkan gigi dengan benar.

Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat berakibat atau menyebabkan berbagai penyakit yang serius. Gigi merupakan  salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia, jika gigi Anda bermasalah (sakit gigi) maka Anda akan mengalami kesulitan berbicara, makan dan menyebabkan hari-hari Anda terganggu.  
Jika Anda mengabaikan kesehatan gigi dan mulut, maka akan menjadi sarang kuman di dalam rongga mulut yang dapat berakibat kerusakan gigi. Kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies dan peradangan yang berawal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga lama kelamaan akan terjadi pembusukan dimana kuman yang ada di rongga
mulut (Lactobacillus acidophillus)mengubah sisa makanan menjadi asam. Selain efek yang ditimbulkan kuman juga terdapat bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi yaitu streptococcus mutans, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan gusi sehingga bisa masuk ke aliran darah yang dapat berakibat lanjut menyebabkan peradangan di bagian tubuh lain, seperti ginjal, sendi, sakit kepala yang berkepanjangan dan organ tubuh lainnya.
Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang patut diutamakan pemeliharaannya. 
Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat wajib Anda lakukan sebelum terlambat atau penyakit lain datang. Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin dengan pasta gigi Winz dan dilengkapi dengan penggunaan obat kumur (mouthwash) yang efektif dan aman (tidak menimbulkan iritasi pada mukosa).  
Meskipun banyak orang  yang sudah merasa nyaman membersihkan gigi dan mulut dengan hanya menyikat gigi saja. Namun, ada sebagian orang yang masih belum lengkap dan nyaman rasanya jika  belum menggunakan mouthwash. Bagi sebagian orang, menjaga kesehatan mulut tidak hanya dengan rajin menggosok gigi secara teratur.
 Menggunakan mouthwash bisa menjadi alternatif tambahan agar kesegaran mulut dapat terus terjaga. Menggunakan mouthwash setiap hari secara rutin dapat mencegah plak mengeras, serta membantu mengurangi kemungkinan penyakit gusi, gigi berlubang dan infeksi bakteri pada mulut.  Namun, terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan mulut lantaran dapat menyebabkan plak gigi berlubang dan penyakit gusi. 
Untuk itu, carilah produk mouthwash yang memastikan Anda aman dari bahaya tersebut. Karena bentuknya larutan, mouthwash mampu menjangkau bagian yang tidak tersentuh ketika menyikat gigi, sehingga peluang gigi berlubang dan terbentuknya plak lebih kecil. Bahan antibakteri dalam mouthwash dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga dengan berkurangnya bakteri pada mulut maka nafas akan segar lebih lama. 
Mouthwash dapat menghilangkan infeksi, mencegah karies gigi dan berbagai penyakit rongga mulut lainnya. Berkumur dengan mouthwash yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah gigi berlubang. karena fluorida melindungi gigi melawan kerusakan berlubang. 
Carilah mouthwash yang mengandung fluorida pada label atau daftar bahan. Sebab, tidak semua produk mempunyai jenis zat pelindung tersebut. Mouthwash bekerja dengan lembut mengangkat sisa kotoran, mouthwash digunakan setelah menyikat gigi. Hal ini merupakan langkah terakhir yang sempurna dalam perawatan mulut dan gigi. Dengan memperhatikan kesehatan mulut, selain membuat tubuh sehat juga dapat memberikan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas harian Anda.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2015. Debi Suklisno - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger