Home » » Ciri-ciri (Gejala) dan Penyebab Penyakit Campak Pada Anak

Ciri-ciri (Gejala) dan Penyebab Penyakit Campak Pada Anak

Written By Unknown on 15 Des 2014 | 15.57




Penyakit Campak masih menjadi persoalan serius, pada tahun 2011 data kasus penyakit campak menurut World Health Organization (WHO) melaporkan adanya wabah campak yaitu sebanyak 6500 kasus yang telah dilaporkan pada 33 negara antara bulan Januari hingga Maret 2011. Di Indonesia baru-baru ini kasus penyakit campak pernah mewabah di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur. Apakah penyakit campak berbahaya ? Meski termasuk golongan penyakit ringan karena bisa sembuh sendiri, penyakit ini harus tetap diwaspadai karena cara penularannya cukup kuat dan bila tidak ada penanganan dan cara pengobatan campak yang serius bisa berakibat patal dan berujung kematian.

penyakit campakDefinisi dan Pengertian Penyakit Campak

Nama latin atau nama ilmiah penyakit campak adalah Morbili atau Morbillia atau Rubeola. Dalam bahasa inggris Measles, dalam bahasa Jerman Masern, dan dalam bahasa Islandia Mislingar. Selain itu di beberapa daerah campak juga suka disebut Tampek. Definisi Penyakit campak adalah salah satu jenis penyakit infeksi menular yang diakibatkan virus yang ditandai dengan ciri-ciri dan gejala demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata) dan ruam pada kulit dan banyak menyerang anak-anak khususnya balita.

Penyebab Penyakit Campak

virus penyebab campakApa penyebab penyakit campak ? Penyakit campak disebabkan oleh virus yaitu virus campak (Paramiksovirus). Sasaran virus campak adalah anak-anak yang sedang mengalami kondisi tubuh yang lemah dan kurangnya asupan gizi yang bagus. Virus penyakit campak menyebar melalui air liur dan udara yang berasal dari batuk dan bersin penderita.

Ciri-ciri (Tanda-tanda) Gejala Penyakit Campak

Campak memiliki masa inkubasi sekitar 10 sampai dengan 14 hari. Masa inkubasi adalah masa sejak pertama kali virus masuk ke dalam tubuh penderita (berjangkit), kemudian virus berkembang biak dan menimbulkan Ciri-ciri dan Gejala sebagai berikut :
  1. Letih lesu, mata berair dan meradang, filek serta batuk. Gejala awal ini mirip sekali dengan batuk filek biasa.
  2. Muncul demam yang tinggi , demam bisa mencapai 40 derajat Celcius atau lebih dan kaadaan ini biasanya berlangsung selama 3 sampai dengan 5 hari.
  3. Timbul bercak-bercak (bintikl-bintik) berwarna merah di badan, bercak dalam campak berbeda dengan bercak pada sakit cacar. Bercak timbul pertama kali di bagian belakang telinga, lalu ke bagian wajah, leher dan tangan dan akhirnya bercak menyebar ke seluruh bagian tubuh dan kaki. Saat bercak berwarna kemerahan muncul demam biasanya masih dirasakan penderita sampai dengan 2 hari sesudahnya. Dalam waktu 3 sampai dengan 4 hari bercak ini akan menghilang dengan sendirinya dan berubah warna menjadi kecoklatan.

Komplikasi Penyakit Campak Pada Anak

Kompilkasi penyakit campak pada umumnya biasa terjadi pada anak kecil terutama golongan anak dengan kondisi kurang asupan nutrisi (kurang gizi). Komplikasi juga biasa terjadi pada golongan anak dengan defisiensi vitamin A.
Adapun komplikasi yang terjadi bisa berupa :
  1. Radang paru-paru atau yang istilah medisnya adalah Pneumonia.
  2. Radang saluaran pernapasan.
  3. Infeksi telinga bagian tengah atau istilah medisnya adalah Otitis media.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2015. Debi Suklisno - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger